Pasangan Usman-Katamso Unggul di Pemilukada Tanjabbar Kuala Tungkal

Diposting oleh FENDI GHOZALI Senin, 15 November 2010

Hasil penghitungan sementara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi Kamis (21/10- 2010), pasangan Usman Ermulan – Katamso sementara mengungguli incumbent Safrial M Siregar – M Yamin. Data Desk Pilkada Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang diperoleh Pelita, sampai pukul 17: 30 WIB, merinci dari suara masuk 139. 802, pasangan incumbent Safrial M Siregar – M Yamin dengan nomor urut 1 memperoleh suara 63. 766 (45, 61 persen).
Sedangkan pasangan Usman Ermulan – Katamso dengan nomor urut 2 berhasil memperoleh suara 76. 036 (54. 39 persen), sementara suara yang rusak terhitung mencapai 753 suara. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 195.480 hak pilih.

Walaupun perhitungan suara yang masuk belumlah seluruhnya mengingat dari 602 TPS yang tersebar di 13 Kecamatan masih terdapat suara yang belum dihitung, tetapi desk Pilkada memprediksi pasangan nomor urut 2 Usman – Katamso mendulang kemenangan hampir di seluruh TPS yang ada tersebut.

Pangamat politik Universitas Jambi Tambari M Soleh yang mengomentari kemenangan pasangan Usman – Katamso kepada Pelita mengatakan, sebenarnya dari awal sudah terlihat pasangan Usman – Katamso jauh lebih popular dibandingkan pasangan incumbent Safrial M Siregar – M Yamin,

Sebab, bukan saja karena pasangan ini merupakan keterwakilan wilayah Ulu dan Ilir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat itu, tetapi juga dikarenakan Usman Ermulan sebelumnya sempat menjadi bupati di daerah itu sebelum dipimpin Safrial, telah tercatat berhasil membangun daerah itu.

Menurut Tabrani, kekalahan pasangan incumbent Safrial M Siregar – M Yamin merupakan jawaban masyarakat yang menilai tidak amanah dalam menjalankan roda pembangunan untuk kepentingan masyarakat selama lima tahun lalu.


Kemenangan Usman Ermulan – Katamso dikarenakan rakyat di daerah itu sudah cerdas untuk memilik pemimpinnya, kata Tabrani.


Kondusif
Proses pemilihan kepala daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, , berlansung kondusif dan aman. Sejak pagi sekitar pukul 08:00 WIB warga di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) tampak antre dan tertib menunggu proses pemilihan. Kondisi yang sama juga terjadi usai proses pemilihan ditutup pukul 13:00 WIB, warga kembali beraktivitas seperti biasa.

Puluhan pedagang toko maupun kelontong yang mendominasi kawasan Kota Kualatungkal kembali membuka dagangannya. Hanya ada beberapa warga tampak antusias mengikuti proses perhitungan suara di tiap TPS.

Sementara aktivitas perkantoran dan sekolah juga tampak diliburkan saat proses pemilihan. Ketua Komisi Pemilihan (KPU) Tanjabbar Syahrial mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab Tanjabbar untuk meliburkan sementara proses belajar mengajar di sekolah serta aktivitas di perkantoran, baik pemerintah maupun swasta.

Sebelumnya, usai meninjau beberapa TPS di Kualatungkal Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Suparsono menjamin situasi kondusif usai proses pemilihan hingga perhitungan suara dalam Pilkada Tanjabbar. (nf). 
 
Sumber : http://www.harianpelita.com/read/6854/11

0 komentar

Posting Komentar

Comments

Pop up my Cbox

Featured Video

Make Widget